SDK Sang Timur - Malang

SDK Sang Timur - Malang

be smart by learning, be great by doing
TERAKREDITASI A
BERITA

Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar

30/Nov/2020

Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar

Pandemi Covid-19 menjadi peristiwa yang mengubah seluruh proses belajar mengajar yang terjadi di sekolah. Jika pada umumnya guru dan siswa bertemu di sebuah kelas untuk melakukan sebuah proses pembelajaran, kini guru dan siswa harus berjauhan, melakukan proses pembelajaran dari sekolah dan diikuti dari rumah masing-masing siswa. Hal ini tentu membuat seluruh kebiasaan dan pola pembelajaran menjadi berbeda.
Guru dan siswa adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, bukan hanya siswa yang membutuhkan guru sebagai pemberi ilmu. Guru juga membutuhkan siswa, sebagai tempat untuk terus belajar, menransfer ilmu, juga memberikan contoh-contoh pembiasaan kehidupan sehari-hari.Jika hampir seluruh proses pembelajaran di sepanjang tahun 2020 ini tidak bisa dilakukan tanpa tatap muka sebagaimana biasanya, semoga tidak pernah mengubah esensi hubungan ketergantungan antara guru dengan siswa.
Sebagaimana kita sama-sama ketahui, orang tua berperan sangat penting selama proses pembelajaran dari rumah. Mereka dituntut untuk bisa menjadi seorang guru bagi anak-anak mereka yang melakukan proses pembelajaran dari rumah. Banyak limpah terima kasih bagi semua orang tua yang dengan semangat di tengah situasi sulit, masih mau menjadikan diri mereka sebagai seorang guru bagi anak-anak di rumah.
Semangat seorang guru pada situasi pandemi covid-19 sangatlah dibutuhkan. Kami terus ditempa oleh segala regulasi yang mudah berubah. Terus menyesuaikan diri dan potensi terhadap setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jika sebelum masa pandemi, tidak semua guru mampu untuk menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, kini semua guru diwajibkan untuk “melek” teknologi. Mengakrabi setiap kelas online juga membiasakan diri menatap layar sepanjang hari.
Tidak akan ada hal yang sia-sia selama semuanya dilakukan dengan hati yang lapang dan semangat yang tak mudah padam. Ilmu dan kebiasaan baru yang tengah berlangsung membuat rindu terasa amat sesak. Rindu akan riuhnya ruang kelas, celoteh usil para siswa juga rindu melihat ruang gerak mereka tidak terbatas oleh jarak. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga guru dan siswa dapat lebih semangat dalam mewujudkan merdeka belajar.
Selamat Hari Guru Nasional yang ke 75.
Teruslah menjadi pelita.
Jasamu tiada tara.



Malang, 25 November 2020
Irene Silvia Putri Filianti

 kembali